Senin, 29 April 2013

File System, NTFS dan FAT

File System

File system adalah cara atau metode penyimpanan dan memanajemen file-file data yang tersimpan disuatu media agar lebih memudahkan file-file data tersebut untuk ditemukan. Media yang digunakan dapat berupa Harddisk atau CD-Room. File System secara umum diartikan sebagai database khusus untuk menyimpan, mengelola, memanipulasi, dan pengambilan data.

Beberapa jenis File System dalam Harddisk:
  1. FAT16,  dikenalkan pada jaman MSDOS. FAT16 merupakan clusster addres 16bit, hal ini mampu membuat partisi pada harddisk hingga 2 GigaByte. Metode penamaan untuk suatu file pada FAT16 adalah delapan nama file dan tiga extention atau disebut juga metode 8:3.
  2. FAT32, merupakan pengembangan dari metode FAT sebelumnya yakni FAT16. Dikenalkan semenjak era windows98. FAT32 merupakan clusster addres 32bit, hal ini memungkinkan kita untuk mempartisi sebuah harddisk hingga 124 GigaByte, namun apabila kita melakukan partisi langsung melalui windows, maka hanya dapat melakukan partisi hingga 32 GigaByte. Besar file yang disimpan dalam format ini adalah 4 GigaByte.
  3. NTFS, digunakan pada windows berbasis NT. Pada NTFS besar partisi yang memungkinkan adalah hungga 256 TerraByte sedangkan besar file yang dapat disimpan hingga 16 TerraByte. NTFS support terhadap database yang berisi informasi suatu file atau disebut METADATA. Selain itu juga NTFS juga memiliki fasilitas seperti quota, enkripsi dan kompresi.
Quota merupakan pembatasan besar data untuk setiap user. Enkripsi merupakan fasilitas proteksi data dengan cara mengacak bit dalam suatu file sehingga tidak bisa terbaca oleh user yang tidak berhak. Sedangkan kompresi adalah fasilitas pemampatan data sehingga space akan lebih lapang.
 
 Dari ketiga format file system tersebut, NTFS lebih baik dibandingkan FAT. Berikut table perbandingan kekurangan dan kelebihan antara FAT16, FAT32 dan NTFS:
FAT16
FAT32
NTFS

KEUNGGULAN

Dapat bekerja pada sistem operasi yang berbeda
Dapat bekerja pada sistem operasi yang berbeda
Dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna


-
Dapat menampung jumlah cluster yang lebih banyak dibanding Fat 16
Mendukung sistem berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan


-


-
Mendukung kompresi data yang transparan meskipun tidak memiliki rasio yang besar, dapat digunakan untuk menghemat penggunaan ruangan harddisk

-

-
Mendukung penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit)

KELEMAHAN

Tidak ada fitur keamanan
Tidak dapat mendukung semua sistem operasi
Tidak support dengan banyak sistem operasi
Tidak ada fitur kompresi data
Tidak ada fitur keamanan
Tidak bisa terdeteksi ketika melakukan boot dengan floopy
Ukuran berkas maksimumnya sangat kecil
Tidak ada fitur kompresi data
-
Tidak ada emkripsi data
Tidak ada emkripsi data
-

SPESIFIKASI

Jumlah berkas dalam satu volume : 228 berkas
228 berkas
232-1 berkas
Ukuran berkas maksimum : 232-1 byte
232-1 byte
264-1 byte
Ukuran cluster minimum : 512 bytes(1 sektor)
512 bytes (1 sektor)
512 bytes (1 sektor)
Ukuran cluster maksimum : 64 KB (32 sektor)
64 KB (32 sektor)
64 KB (32 sektor)
Ukuran partisi maksimum : 2 GB (bisa sampai 4 GB pada windows NT)
4,177,198 cluster
232 cluster

SUMBER: 1 2


0 Kasi komentar dong...:

Posting Komentar

Silahkan kasicomment Qmu...