Senin, 25 Maret 2013

Locard Exchange Principle Dalam Ilmu Forensik


“Setiap kontak antara 2 (dua) benda, selalu akan ada pertukaran (perpindahan)” -Edmond Locard (1877-1966)


Atau lebih jelasnya jika seseorang melakukan kontak dengan objek, baik berupa benda maupun dengan orang lain, maka disaat itu akan terjadi perpindahan bukti fisik. Bukti fisik bisa berupa apa saja, baik hal-hal yang dapat dilihat secara langsung maupun hal-hal yang tidak dapat terlihat secara langsung.

Dalam penelitan mengungkap kasus kriminal, penting untuk mengetahui apa itu Locard Exchange, ketika memeriksa TKP untuk mendapatkan barang bukti hal yang dicari adalah jejak-jejak pelaku kriminal. Contoh ringannya adalah sidik jari, namun belakangan ini para pelaku kriminal bisa dikatakan lebih canggih dengan melakukan metode tindak kriminal terencana, pelaku akan berusaha menyembunyikan jejak-jejak yang dia tinggalkan. Tapi bukan berarti pelaku bisa bisa menghapus jejaknya secara permanen, paling tidak ada bukti-bukti kecil yang tertinggal.

Kalau semua kontak meninggalkan jejak, lalu kenapa masih ada kasus yang tidak bisa terungkap?

Seperti apa diungkapkan sebelumnya, bahwa pelaku bisa saja menyembunyikan jejaknya dengan trik-trik tertentu, terlebih jika pelaku sudah merencanakan tindakannya jauh sebelum dilaksanakan. Dalam hal ini yang menjadi ukuran terungkap atau tidaknya kasus adalah kecanggihan pelaku dan kecanggihan penyidik. Jika penyidik melakukan pengungkapan dengan hal yang lebih canggih dari pelaku maka bisa saja kasus dengan bukti sekabur/sekecil apapun bisa terungkap. Tapi jika pelaku lebih canggih dalam menyembunyikan jejaknya maka kemungkinan kasus sulit untuk dipecahkan.

Bagaimana Locard Exchange dan Komputer Forensik?
Sebuah komputer dan atau jaringan komputer mempunyai sistem yang mencatat setiap kegiatan yang kita lakukan didalamnya, contoh kecilnya adalah adalah ketika saya membuat tulisan ini. Atau contoh lainnya adalah log, bagi anda pengguna Blacberry tentu sering mengosongkan catatan log di ponsel anda dengan cara menekan tombol alt+Aa+(L-G-L-G) maka catatan log akan keluar di layar ponsel anda. Nah, log itu adalah catatan kegiatan yang terjadi diponsel anda. Jika anda menghapus log berarti anda telah menghapus jejak anda diponsel, namun bukan berarti jejak yang anda hapus akan hilang secara permanen tetapi bisa dimunculkan kembali tentunya dengan metode yang sedikit lebih canggih dari apa yang anda lakukan.

0 Kasi komentar dong...:

Posting Komentar

Silahkan kasicomment Qmu...