Pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau menggunakan multimedia disebut dengan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Penggunaan media pembelajaran ini dimaksudkan untuk membantu dosen dalam penyampaian materi dan juga membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu muatan materi pelajaran dapat dimodifikasi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami, tujuan materi yang sulit akan menjadi mudah, suasana belajar yang menegangkan menjadi menyenangkan. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dapat memadukan media- media dalam proses pembelajaran, maka proses pembelajaran akan berkembang dengan baik, sehingga membantu dosen menciptakan pola penyajian yang interaktif. Multimedia interaktif merupakan kombinasi berbagai media dari komputer, video, audio, gambar dan teks. Berdasarkan definisi Hofstetter (2001) “multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi ) menjadi satu kesatuan dengan link dan tool yang tepat sehingga memungkinkan pemakai multimedia dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi”.
Keuntungan dan kelebihan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut :
- Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif.
- Pengajar akan selalu dituntut untuk kreatif inovatif dalam mencari terobosan pembelajaran.
- Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gamba atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan pembelajaran.
- Menambah motivasi pembelajar selama proses belajar mengajar hingga didapatkan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
- Mampu menvisualisasikan materi yang selama ini sulit untuk diterangkan hanya sekedar dengan penjelasan atau alat peraga yang konvensional.
Keuntungan dan kelebihan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran
diantaranya adalah sebagai berikut :
- Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif.
- Pengajar akan selalu dituntut untuk kreatif inovatif dalam mencari terobosan pembelajaran.
- Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya,tujuan pembelajaran.
- Menambah motivasi pembelajar selama proses belajar mengajar hingga didapatkan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
- Mampu menvisualisasikan materi yang selama ini sulit untuk diterangkan hanya sekedar dengan penjelasan atau alat peraga yang konvensional.
Perancangan Halaman Pada perancangan halaman aplikasi ini akan terdapat tampilan halaman pembuka, halaman login, halaman menu utama, halaman kompetensi, halaman materi, halaman petunjuk latihan, halaman latihan, halaman tes formatif pilihan ganda, halaman hasil latihan, halaman hasil tes formatif pilihan ganda. Dimulai dari Halaman Pembuka yang menampilkan lambang gunadarma, kemudian menuju ke Halaman Login yang menyediakan inputan teks untuk nama pengguna. Halaman selanjutnya adalah Halaman Menu Utama yang berisi tombol Kompetensi, tomboltombol sub materi citra 1, tomboltombol sub materi citra 2 dan tombol-tombol tes formatif. Apabila tombol kompetensi ditekan maka akan tampil halaman kompetensi, tombol-tombol sub materi digunakan untuk menampilkan halaman materi dan tombol Tes formatif pilihan ganda akan menampilkan halaman tes formatif pilihan ganda.. Halaman petunjuk akan tampil sebelum halaman latihan maupun pada halaman tes formatif pilihan ganda. Setelah soalsoal pada halaman latihan, tes formatif pilihan ganda selesai dijawab maka akan tampil halaman hasil latihan dan halaman hasil tes formatif pilihan ganda.
Perekaman Narasi Materi Konsep Dasar Pengolahan Proses perekaman narasi untuk materi konsep dasar Pengolahan Citra dilakukan di lab audio visual Universitas Gunadarma, perangkat yang digunakan adalah Adobe Audition 3. Narasi materi yang direkam berdasarkan naskah (frame) yang telah dibuat sebelumnya. Setelah proses perekaman selesai, audio yang dihasilkan akan dimasukkan ke dalam aplikasi Media Pembelajaran Konsep Dasar Pengolahan Citra. Pembuatan Video Untuk Halaman Intro Video intro menampilkan presenter yang memberikan pengenalan tentang aplikasi Media Pembelajaran Konsep Dasar Pengolahan Citra. Pengambilan gambar dilakukan di lab audio visual Universitas Gunadarma menggunakan teknik blue screen (layar biru). Narasi yang dibacakan presenter, berdasarkan naskah (frame yang telah dibuat sebelumnya. Peralatan yang digunakan dalam pembuatan video adalah 1 Kamera Mini DV, 2 buah lampu penerangan dan kain biru dengan ukuran panjang 7 m dan lebar 4 m sebagai latar belakang. Setelah proses pengambilan gambar selesai, video yang dihasilkan di edit dengan program Adobe Premiere Pro untuk mengganti latar belakang biru dengan gambar latar belakang.
Pembuatan Video Tutorial Pada materi macam-macam operasi pengolahan citra di citra 1 terdapat video tutorial bagaiman cara untuk memanipulasi citra agar terlihat lebih baik menurut operasi pengolahan citra yang di maksud. Untuk membuat video tutorial tersebut digunakan program BlueBerry FlashBack.Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Konsep Dasar Pengolahan Citra Pembuatan aplikasi menggunakan Macromedia Director MX 2004, Macromedia Fireworks dan Flash 8 dengan desain yang dibuat berdasarkan perancangan halaman. File yang dihasilkan bernama media_pembelajaran.exe. Halaman Pembuka Pembuatan halaman pembuka ini dirancang di software Flash 8 yang terdiri dari movieclip yang menampilkan animasi lambang Blog Prakarya Indramayu.
Berikut langkah-langkah pembuatan halaman pembuka :
1. Membuat file baru flash dengan ukuran 800×600 pixel
2. Mengubah warna latar belakang menjadi ungu
3. Membuat movieclip Logo_mc berisikan logo Blog Prakarya Indramayu
4. Memasukkan gambar lambang gunadarma dan sound windows start up dengan
cara menekan file>import>import to library
5. Membuat animasi logo Blog Prakarya Indramayu pada tengah layar dimana
animasi tersebut mengecil kemudian membesar diletakkan pada timeline
utama, pada akhir frame diberikas actionscript Stop(); untuk menghentikan
gerakan 6. Setelah membuat animasi Logo tersebut kemudian di import ke
Macromedia Director
Halaman Login Pembuatan halaman Login dilakukan pada Macromedia Director
berdasarkan atas rancangan yang telah dibuat sebelumnya di Macromedia
Fireworks kemudian di import pada cast member untuk tahap pembuatan media
pembelajaran. Berikut langkah-langkah pembuatan halaman Login:
1. Memasukkan atau import background halaman Login yang telah dibuat di
Macromedia Fireworks ke dalam cast member Macromedia Director.
2. Memasukkan atau import music Mozart ke dalam cast member dengan cara
yang sama dengan langkah pertama
3. Membuat Text Field untuk menginput nama pada halaman Login dengan cara
klik Insert kemudian pilih Control dan pilih Field setelah itu atur posisi text
field tersebut.
4. Membuat tombol ENTER menggunakan kotak sudut tumpul berwarna gradasi
hitam dan putih dengan cara klik Insert kemudian pilih Control dan pilih Push
Button. Kemudian beri kode script yang terdapat dalam tombol ENTER
dengan klik kanan pada tombol tersebut pilih Script. on mouseUp me
go”Hello” end
0 Kasi komentar dong...:
Posting Komentar
Silahkan kasicomment Qmu...